BIMBINGAN TEKNIS DAN STUDI BANDING MANAGEMENT PENDIRIAN DAN PENGELOLAAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDes) SESUAI DENGAN PERATURAN MENTERI DESA, DAERAH TERTINGAL DAN TRANSMIGRASI NO. 1, 2, 3, 4, DAN 5 TAHUN 2015

PENDAHULUAN

BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) yang dikelola oleh masyarakat dan pemerintah desa merupakan salah satu upaya untuk memperkuat perekonomian desa dan dibentuk berdasarkan kebutuhan dan potensi yang ada. BUMDes merupakan suatu lembaga ekonomi yang dibangun atas inisiatif masyarakat dan menganut asas mandiri dengan modal usaha yang bersumber dari masyarakat. Guna meningkatkan kemampuan, wawasan dan pengalaman para pengelola BUMDes, setiap Pemerintah Kabupaten/Kota  diharapkan memberikan bantuan baik secara teknis maupun non teknis agar para pengelola badan usaha yang dimiliki desa mampu menjalankan tugas pokok dan fungsinya dengan baik.

Undang Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah pada Pasal 213 Ayat (1) menyebutkan bahwa “Desa dapat mendirikan Badan Usaha Milik Desa sesuai dengan kebutuhan dan potensi desa”. Substansi UU ini menegaskan tentang janji pemenuhan permintaan (Demand Complience Scenario) dalam konteks pembangunan di tingkat desa. Selain itu pendirian BUMDes didasarkan pada kebutuhan dan potensi desa, sebagai upaya peningkatan kesejahteran masyarakat. BUMDes juga sebagai lembaga sosial berpihak kepada kepentingan masyarakat melalui kontribusinya dalam penyediaan sosial, sedangkan sebagai lembaga komersial bertujuan mencari keuntungan melalui penawaran sumberdaya lokal (barang dan jasa) ke pasar.

TUJUAN

  1. Peserta memahami tentang prosedur pendirian, pengurusan dan pengelolaan BUMDes yang benar sesuai dengan peraturan yang berlaku.
  2. Peserta dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan sebagai pengelola BUMDes sesuai tugas pokok dan fungsinya.
  3. Peserta dapat meningkatkan pemahaman sebagai pengelola BUMDes dan memahami tata cara serta prosedur pengurusan dan pengelolaan BUMDes yang benar.
  4. Peserta mampu menumbuh kembangkan perekonomian rakyat, menciptakan lapangan kerja dan kesempatan berusaha bagi masyarakat yang pada gilirannya upaya peningkatan taraf hidup dan kesejahteraan keluarga dapat segera terwujud.

MATERI

  1. Pengertian, Peran dan Fungsi BUMDes diera globalisasi
  2. Dasar Hukum dan Prosedur Teknis Pendirian BUMDes
  3. Persyaratan Bagi Individu Pengelola BUMDes
  4. Studi Banding Ke Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)
  5. Rencana Tindak Lanjut (RTL)

PEMATERI

Tim Pemateri / Instruktur atau Narasumber yang kami ikut libatkan terdiri dari para Akademisi, Praktisi, Consultant yang berkompeten dibidangnya dengan Metode Presentasi, Diskusi, Bedah Kasus dan Simul

PESERTA

  1. Kepala Badan Perwakilan Desa (BPD) Seluruh Indonesia
  2. Kepala Desa Seluruh Indonesia
  3. SKPD Terkait di Lingkup Kabupaten/Kota

WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN

No Bulan Opsi Tanggal Pelatihan Opsi Tempat Pelatihan
1 Januari 8-10 Januari 2018  Hotel MM UGM Yogyakarta
Hotel LPP Garden Yogyakarta
Hotel LPP Convention
Fame Hotel Batam
Ibis Kuta Bali
2 Februari 15-17 Februari 2018
3 Maret 19-21 Maret 2018
4 April 26-28 April 2018
5 Mei 21-23 Mei 2018
6 Juni 7-9 Juni 2018
7 Juli 16-18 Juli 2018
8 Agustus 23-25 Agustus 2018
9 September 17-19 September 2018
10 Oktober 18-20 Oktober 2018
11 November 12-14 November 2018
12 Desember 20-22 Desember 2018

BIAYA KEGIATAN
Biaya pelatihan ini  Rp. 4.000.000,- (Empat Juta Ribu Rupiah) * Non Residensial
Fasilitas yang didapatkan : Materi Soft copy dan hard copy, Flash disk, Dokumentasi,Souvenir,Seminar Kit,Coffe Break dan Makan siang selama kegiatan.

Kegiatan akan dilaksanakan dengan ketentuan sebagai berikut :

jenis training

 

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInEmail this to someonePrint this pagePin on PinterestShare on Tumblr

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*